Perpusnas Akan Usulkan Cerita Panji versi Palembang Jadi Warisan Dunia

Nur Khafifah – detikNews, Sabtu, 25/10/2014 08:36 WIB

Jakarta – Selama sepekan ke depan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) menggelar pameran naskah kuno Panji. Ada 40 versi cerita yang dipamerkan, di mana salah satunya akan diajukan sebagai warisan budaya dunia atau world heritage.

“Salah satu naskah yang dipamerkan, yakni Panji Angreni menjadi salah satu unggulan untuk diajukan sebagai ikon memory of nation dan memory of the world,” kata Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas RI, Welmin Sunyi Ariningsih dalam acara pembukaan pameran cerita Panji di Perpusnas RI, Jl Salemba Raya, Jakarta Pusat, Jumat (24/10/2014) malam.

Panji Angreni merupakan naskah yang beredar di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Cerita versi Palembang ini terbilang paling lengkap dan detil, sehingga akan diajukan sebagai warisan budaya dunia.

Welmin mengakui, saat ini cerita kuno Panji tak cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya remaja. Dibanding epos sejenisnya seperti Mahabarata dan Ramayana, cerita Panji memang kalah tenar. Padahal cerita Panji juga tak kalah menarik jika dibanding cerita-cerita tersebut. Apalagi cerita Panji memiliki ciri khas penggambaran tokoh dan latar yang sama, yaitu dari Jawa.

“Mungkin karena pada awalnya cerita rakyat Panji ini tertutup di kalangan masyarakat Jawa Timur sebelum akhirnya menyebar melalui penuturan lisan hingga ke wilayah Melayu bahkan Asia,” kata budayawan Taufik Razhen yang turut hadir dalam acara tersebut.

Untuk itulah Perpusnas RI memilih tema cerita kuno Panji dalam pameran tahunan ini. Naskah yang memuat cerita Panji, saat ini tersimpan diberbagai perpustakaan museum dan pusat dokumentasi. Namun sebagian masih menjadi koleksi pribadi yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dan negara-negara tetangga.

“Oleh karena itu bagi masyarakat yang masih memiliki naskah kuno Panji, kami imbau untuk menyerahkannya kepada Perpusnas RI,” ujar Welmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *