Pameran Foto Diaspora Panji Nusantara

call for partisipant - copyHari Jadi Kabupaten Kediri ke-1212
25 – 27 Maret 2016

Latar Belakang Pameran
Kabupaten Kediri memperingati hari jadinya setiap tanggal 25 Maret, sesuai Prasasti Harinjing. Sebagai salah satu kawasan yang telah lama berdiri, Kediri memiliki sejarah panjang. Sejarah penaklukan, peperangan, pusat kebudayaan, spiritual, letusan Gunung Kelud, dan sastra. Dalam bidang sastra Jawa, Kediri memiliki tempat penting. Kediri dikenal sebagai asal dari sebuah roman-fiksi-sejarah terkenal yaitu Panji, Romeo-Julietnya tanah jawa. Cerita Panji telah merambah ke beberapa kawasan di luar Jawa Timur; Cirebon, Indramayu, Palembang, Banjar, Yogyakarta, Solo, Klaten, Malaysia, Thailand dan Singapura. Penyebaran Cerita Panji seiring dengan menguatnya pengaruh Majapahit ke berbagai pejuru di kawasan Asia Tenggara.

Diaspora Panji masih dirasakan hingga sekarang. Berbagai pertunjukkan bahkan ritual pengobatan dan penghormatan terhadap alam semesta memakai cerita Panji. Masyarakat Duwet, Gunungkidul, mementaskan Wayang Topeng dengan kisah Panji, setiap 3 tahun sekali, di sumur tua yang tak pernah kering, sebagai bentuk penghormatan dan rasa terimakasih atas anugerah alam semesta. Masyarakat Dayak Bakumpai, memakai topeng Panji pada ritual pengobatan. Masyarakat Cirebon mementaskan topeng Panji sebagai pengingat siklus hidup. Dalam dunia modern dan serba berbau teknologi, Panji masih bisa digali sebagai sumber inspirasi. Diego Zapatero, fotografer dari Spanyol dengn karya foto Panji Kromo, menjadi salah satu buku foto yang sangat menarik di gelaran Frankfurt Book Fai 2015.
Definisi Tema

Pameran “Diaspora Panji Nusantara” mengumpulkan beraneka ragam gambaran visual berupa karya fotografi bertema Budaya Panji yang ada di masyarakat seluruh Nusantara.
Ekspresi budaya tersebut dapat berupa :
1. Pementasan wayang bertema Panji, baik wayang kulit, wayang klitik, wayang gedog, wayang beber, maupun wayang topeng.
2. Pementasan tari bertema Panji, baik tradisional maupun kontemporer
3. Geliat ekonomi kreatif yang memakai Panji sebagai sumber inspirasi, misalnya pengrajin topeng, pembuat game, aktifitas sanggar seni.
4. Situs arkeologi bertema Panji
5. Naskah Panji
6. Ritual yang memakai tema Panji dalam pelaksanaannya, misalnya ritual sumur di Duwet, Gunungkidul dan ritual masyarakat Dayak Bakumpai di Kalimantan Selatan.
7. Kegiatan, event yang melibatkan cerita Panji, misalnya suasana pameran, museum, pawai dll.
Penyelenggara Pameran
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri
Jl Erlangga no 1 Kediri, Jawa Timur

Tujuan Pameran
Kediri menahbiskan diri sebagai Bumi Panji. Memang dari sinilah Cerita Panji berasal. Namun sayangnya masyarakat terutama kamu muda belum mengerti benar seluk beluk cerita Panji. Kebanggaan akan cerita Panji perlu ditularkan terus-menerus pada kaum muda, pada anak-anak Kediri. Cerita Panji yang mampu menginspirasi berbagai kawasan, Malaysia, Thailand, Jawa, Bali, Sumatera, akan diajak kembali menginspirasi anak-anak muda di kampung halamannya. Foto-foto karya para fotografer dari seluruh Nusantara, akan dibawa kembali ke kampung halaman Panji, ke Kediri, untuk menginspirasi.
Pameran ini ingin memberi kesadaran dan kebanggaan akan karya anak negeri yang menjadi legenda di tingkat regional, bahkan jauh sebelum Masyarakat Ekonomi Asean diberlakukan

Penyelenggaraan Pameran
Tempat : Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri
Waktu : 25-27 Maret 2016
Kurator : Arief Priyono, fotografer, penulis, tinggal di Kediri
Pameran diselenggarakan pada rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten kediri, yang bertema besar Panji Balik Kampung

Kriteria Karya
1. Karya fotografi bertema Diaspora Panji Nusantara
2. Karya diserahkan dalam bentuk file yang dapat dikirim melalui email kepada diasporapanjinusantara@gmail.com dan di cc pada serafin.adhita@gmail.com
3. Batas waktu pengiriman karya Senin, 15 Maret 2016 jam 23.59 WIB
4. Foto dikirimkan beserta data foto (dalam form yang terlampir).
5. Hak cipta karya, tetap pada fotografer pemilik karya. Panitia pameran foto hanya akan menggunakan foto untuk keperluan pameran dan pembuatan katalog.
6. Kompensasi atas penggunaan foto dalam pameran ini adalah Rp 250.000 per foto untuk foto tunggal. Dan Rp 800.000 untuk foto essay dengan ketentuan minimal 4 buah foto dalam satu karya essay.
7. Jika panitia atau Pemerintah Kabupaten Kediri bermaksud menggunakan foto ini untuk keperluan diluar pameran dan pembuatan katalog, akan dibicarakan lebih lanjut dan merupakan kesepakatan berbeda.
8. Narahubung Serafin Adhita : 081727-4366, 0811357-4366

Data Foto Pameran Diaspora Panji Nusantara 2016
1 Judul Foto

2 Fotografer

3 Tanggal pengambilan
*jika lupa minimal tahun pengambilan gambar

4 Deskripsi karya (utk caption foto)
*mencakup nama obyek foto, lokasi, dll => 5W, 1H

5 Keterangan tambahan

6 CV singkat fotografer

7 No telepon
Alamat email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *